alamat

Jl. Kyai Ronggo Tawangsari Pengasih Kulonprogo 55652 . (0274) 6472260

Menu

Minggu, 02 November 2014

Pembuatan POC (Pupuk Organik Cair) dengan Limbah Tahu

Tawangsari- 2.11.14, Tidak semua limbah merugikan manusia. Limbah cair pembuatan tahu, misalnya, bisa disulap menjadi pupuk organik cair yang kaya manfaat. Di daerah Desa Tawangsari Pengasih merupakan sental tahu di salah satu dusun, maka ada inisiatif dari  PIK-R SEHATI ingin membuat pupuk cair dari limbah tahu yang cuma di buang di sungai, ujar Kabid Ekonomi produktif.
Maka dari itu PIK-R SEHATI membuat kegiatan membuat POC dari limbah tahu yang di bantu oleh mbah bad dari MATA AKSARA Sleman. Pada Kegiatan ini juga dilakukan pembuatan Dekomposter atau Microorganisme Aktif bisa juga disebuat EM4 .

-Pembuatan EM4 dari bekatul
    BAHAN
   3 kg bekatul
   1 liter EM4
   5/6 liter air
   1/4 kg  terasi
   1/4 liter tetes tebu
 ALAT
  kompor
  ember besar

 Cara Membuat :
   Didihkan air terdahulu, setelah mendidih masukkan terasi dan tetes tebu aduk sampai hancur kemudian masukkan bekatul setelah campur merata angkat dan dinginkan. setlah dingin masukkan kedalam ember selanjutnya masukan EM4 . kemudian turup rapat(udara tidak masuk) sampai 3 hari, setelah tiga hari dibuka tutup nya diaduk selama 10 menit . kemudian ditutup (tidak rapat) selama 1 hari. EM4 siap dipake
Cara pemakaian 1 liter EM4 + 10 liter air => siap di pake

Foto Kegiatan:








-Pembuatan POC Limbah Tahu
  BAHAN
 70 liter limbah tahu (laru)
 30 liter air kelapa
 2 liter EM4
 1/2 kg setiap jenis empon-empon
 1 liter akohol 70%
 5 kg pucuk daun yg tidak bergetah
 ALAT
 drum plastik besar
 gelas ukur

-Cara pembuatan:
  Hancurkan empon-empon kemudian masukkan ke dalm drum besar tuangkan air kelapa, air limbah tahu, akohol, EM4, dan pucuk daun kemudian aduk hingga campur. setelah itu tutup rapat drum dengan platik kemudian diamkan selama 3 minggu. kemudian POC siap dipake.

Foto-foto Kegiatan:









Sumber dari Kabid. Ekonomi Produktif PIK-R SEHATI Desa Tawangsari Pengasih KP

1 komentar: