alamat

Jl. Kyai Ronggo Tawangsari Pengasih Kulonprogo 55652 . (0274) 6472260

Menu

Sabtu, 08 Maret 2014

Menyambut Musim Panen dengan Pagelaran Wayang Kulit


         TAWANGSARI – Tanda rasa syukur atas datangnya musim panen di Desa Tawangsari tidak hanya dilakukan dengan mengadakan ritual wiwit pari siang tadi 7 Maret 2014, namun juga berlanjut hingga malam hari. Malam sabtu ini diadakan pagelaran wayang kulit. Pagelaran wayang kulit semalam suntuk ini diadakan di halaman Bapak Sigit Susetya, Kepala Desa Tawangsari. Tidak sekedar pagelaran wayang kulit, namun juga diramaikan dengan grup Calung dari Sentolo yang disindeni oleh Asih Lestari. 

         Sebelum wayang kulit dengan lakon Pasar Anyar Sengkapura dengan didalangi oleh Ki Sutono Hadi Sugito ini dimulai, terlebih dahulu dibuka dengan serentetan acara pembuka. Tampak di barisan paling depan tamu undangan, acara ini dihadiri oleh Bapak Hasto Wardoyo sebagai Bupati Kulonprogo. Selain itu, pagelaran wayang kulit ni juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata dan juga wakil dari Dinas Sosial. Dalam sambutannya, Kepala Desa Tawangsari, Bapak Sigit Susetya menghimbau kepada seluruh warga untuk senantiasa melestarikan budaya jawa yang dewasa ini semakin terkikis oleh budaya asing. 

          Sama seperti ketika upacara ritual wiwit pari siang tadi, dalam pagelaran wayang kulit ini tampak beberapa anak TBM Pustaka Winasis asik menulis segala hal mengenai calung dan pagelaran wayang. Momen ini dijadikan ajang pengenalan budaya dan wahana untuk belajar menulis. [rpm]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar