alamat

Jl. Kyai Ronggo Tawangsari Pengasih Kulonprogo 55652 . (0274) 6472260

Menu

Kamis, 18 Juni 2015

Wiwit Pari Agung Tawangsari



Wiwit agung, Rabu, 17 Juni 2015 -Desa Tawangsari mengadakan wiwit pari atau awal panen padi. Desa Tawangsari sebagai Desa Kantong Budaya. Kami  Petani warga Tawangsari, mempunyai agenda rutin tahunan yaitu WIWIT dan GENDURI SAWAH yang kami adakan menjelang panen padi di Gubuk Tani Manunggal Roso Desa Tawangsari, kegiatan ini sudah kami laksanakan selama 3 tahun. Wiwitan adalah salah satu budaya ang sudah lama hampir hilang terkikis budaya lain yang terus menyerang di masyarakat untuk itu, kami yang bergelut dibidang pertanian , mencoba untuk mempertahankan tradisi tersebut yang sangat banyak filosofi dari kegitan tersebut, sebagai bentuk kearifanlokal yang perlu kita lestarikan.
Kegiatan ini di lakukan di Gubuk sawah di dusun tegal perang, yang dihadiri oleh perwakilan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kulon Progo, Dinas Pertanian Kulon Progo, BP3K Kulon Progo, perangkat Desa Tawangsari dan Kelompok Tani Manunggal Roso.
       “Lahan pertanian yang berada di bulak Tegal Perang merupakan kas Desa. Kelompok tani Manunggal Roso juga mendapatkan bantuan dari UPO yang berupa sapi, alat pembuatan kompos. Lahan bulak Tegal Perang akan dijadikan lahan percobaan dalm bidang penanaman padi” isi sambutan Bapak Kepala Desa Tawangsari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar